Salam hangat sahabat Harmoni, kalian pasti sudah tidak asing dengan Taman Mini Indonesia sebagai miniatur Indonesia atau Tanah Toraja sebagai miniatur pulau Sulaiwesi. Pulau Lombok juga punya loh miniatur dari tempat wisatanya, namanya Taman Narmada yang disusun dan dibangun dengan gambaran seperti Gunung Rinjani Lombok. Yuk simak Miniatur Gunung Rinjani Melalui Taman Narmada !!!

Taman narmada merupakan taman terbesar di Lombok maupun Nusa Tenggara Barat yang letaknya di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dengan jarak sekitar 1,5 kilo meter sebelah timur kota Mataram. Taman Narmada ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya berdasarkan UU No.5 Tahun 1992. Taman seluas hampir 3 hektar ini dibangun pada tahun 1727 oleh raja Anak Agung Ngurah Karangasem sebagai replika Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak.

Taman Narmada memiliki konsep pembangunan yang bercirikan keeksotikan adat dan budaya Hindu dengan perpaduan nuansa alam Lombok yang tenang dan ditata menyerupai bentuk gunung. Dibagian bawah terdapat 3 kolam yang diairi oleh sumber mata air jernih sebagai gambaran Danau Segara Anak Gunung Rinjani. Di dalam taman ini terdapat sebuah pura bernama Pura Kalasa yang berada di bagian atas. Untuk sampai ke pura ini, anda harus melewati puluhan anak tangga yang sengaja dibuat agar tampak seolah-olah mendaki Gunung Rinjani. Dan terdapat larangan bahwa Perempuan yang sedang datang bulan dilarang masuk karena termasuk kawasan suci.

Di Taman Narmada anda juga dapat melihat bangunan yang terletak di depan pintu masuk taman yang disebut dengan Bale Agung, yaitu tempat Raja mengadakan pertemuan atau rapat. Bale Loji, yaitu tempat menyimpan persenjataan yang digunakan oleh para prajurit kerajaan. Dan disebelah selatan juga terdapat Grai sovenir yang menjual pernak-pernik khas Lombok untuk para wisatawan.

Di Taman Narmada terdapat pula kolam besar yang menyediakan wisata mendayung bagi Anda yang suka naik perahu ditempat yang tidak dalam, jadi kolam tempat mendayung di Narmada bisa menjadi alternatif wisata bagi Anda yang suka main air dan ingin mencoba mendayung perahu. Di sisi atas dari kolam mendayung ada juga wahana flying fox, di wahana ini anda akan melintasi air kolam Taman Narmada dan keseluruhan areal taman menjadi terlihat jelas dari atas saat momen anda melakukan flaying fox. Asyik kan…

Hal menarik lainnya, di Taman Narmada ini juga terdapat dua mata air yang disucikan berasal dari sumber mata air Gunung Rinjani, air yang konon menjadikan awet muda bagi siapa yang membasuhkannya ke wajah, ada juga air suci yang terletak di dalam kuil dekat peribadatan. Untuk air awet muda, setiap orang bisa masuk dan membasuh muka dengan air tersebut. Namun, untuk air yang berada di dalam kuil, perlu ada ritual khusus bagi orang-orang yang mau mencoba merasakan air tersebut.

Selain itu dilokasi ini anda juga dapat menimati kuliner khas Lombok yaitu Sate Bulayak. Anda bisa menikmati sajian sate ini di tempat-tempat yang sudah disediakan penjaja makanan diareal Taman. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi Sate Bulayak berkisar antara Rp 15.000- Rp 30.000, sesuai untuk kantong para wisatawan yang menginginkan kuliner lezat dengan harga murah.

Info saja bagi Anda yang ingin mengunjungi taman Narmada. Untuk harga tiketnya tidak begitu mahal masih terjangkau bagi Anda yang ingin liburan murah. Jadi jangan khawatir. Yang perlu disiapkan selain uang adalah, bawalah kamera Anda, di taman ini terdapat berbagai tempat asyik untuk berfoto ria.

Untuk anda yang hendak berkujung ke pulau lombok, jangan lupa mengunjungi taman narmada kerena selain anda dapat menikmati keindahan taman yang eksotis anda juga dapat mempelajari berbagai sejarah raja-raja dan nuansa budaya yang kental dengan harga murah dan lokasi yang sangat mudah di jangkau.

Share This